Minggu, 01 Desember 2013

RPP Tematil Kls 1 Tema Diriku Sub. Tema Aku Merawat Tubuhku Pelajaran 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : Sekolah Dasar
Kelas / Semester             : I / I
Tema                               : Diriku
Sub Tema                       : Aku Merawat Tubuhku
Pertemuan Ke                : 2
Alokasi Waktu               : 1 x 25 menit

A.                Kompetensi Inti
1.            Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.            Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan masyarakat.
3.            Memahami pengetahuan faktual, dengan cara mengamati (mendengar, melihat dan membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya baik di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.            Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.                 Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2.    Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
PJOK
3.4.      Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan, kaki, dan pakaian

 C.                Indikator
Bahasa Indonesia
Ä  Menjelaskan secara lisan cara-cara merawat tubuh.
PJOK
Ä  Menjelaskan cara-cara merawat tubuh

D.                Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan:
1.      Siswa dapat mengidentifikasi cara-cara merawat tubuh
2.      Siswa dapat memahami cara-cara merawat tubuh

E.                 Materi Ajar (Terlampir)

F.                 Pendekatan Dan Metode Pembelajaran
Ä  Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran CTL
Ä  Metode Pembelajaran
Diskusi, kerja kelompok, penugasan, tanya jawab

G.                Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
Skenario
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Pendahuluan
Ø Guru mengucapkan salam kepada siswa
Ø Perwakilan siswa diminta untuk memimpin doa
Ø Guru mengecek kehadiran siswa
Ø Guru menyampaikan tema yang akan di pelajari
2 menit


2.      Kegiatan Inti
Skenario
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Ø  Eksplorasi
1)  Siswa duduk berkelompok sesuai dengan yang kelompok yang telah ditentukan guru
2)  Siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai materi ajar dengan sub tema Aku Merawat Tubuhku
3)  Siswa menjawab pertanyaan guru yang berhubungan dengan aku dan teman baru
4)  Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu “Bangun Pagi”
20 menit
Ø  Elaborasi
1)  Perwakilan kelompok diminta guru ke depan kelas untuk mengambil LKS
2)  Masing-masing kelompok mendiskusikan jawaban soal pada LKS
3)  Dengan sikap tanggung jawab, responsive, peduli, empati, demokratis dan santun siswa secara berkelompok menyatukan pendapat hasil kelompok tentang jawaban LKS
4)  Wakil dari masing-masing kelompok kedepan kelas  mengumpulkan hasil diskusinya berupa jawaban LKS
Ø  Konfirmasi
1)  Siswa mendapatkan umpan balik dari guru
2)  Siswa mendapatkan penguatan dari guru berupa perilaku positif dalam proses pembelajaran

3.      Kegiatan Akhir
Skenario
Deskripsi Kegiatan
Waktu
Penutup
1)  Siswa bersama-sama guru menyimpulkan pelajaran
2)  Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan
3)  Siswa mendapat tugas dari guru berupa pekerjaan rumah
3 menit

H.                Media Pembelajaran
1.      Gambar anak melakukan kegiatan membersihkan diri
2.      Sikat gigi, odol, sabun
I.                   Sumber Belajar
Kemdikbud. (2013). Tema 1 Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas 1. Jakarta: Depdiknas, hal 5-7.

J.                  Penilaian
1.      Penilaian Proses
Menggunakan lembar observasi yang di lakukan dalam kegiatan pembelajaran dari kegiatan awal, kegiatan inti sampai kegiatan akhir sebagai bahan refleksi guru. (Terlampir)
2.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan intrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis berupa LKS dan soal esai atau uraian. (Terlampir).



...................,..........2013
Mengetahui                                                                            Guru Kelas 1
Kepala Sekolah




LAMPIRAN I

MATERI AJAR
Ä  Nyanyikanlah lagu berikut!
BANGUN TIDUR

Bangun Tidur Ku Terus Mandi
Tidak Lupa Menggosok Gigi
Habis Mandi Ku Tolong Ibu
Membersihkan Tempat Tidur Ku

Ä  Merawat tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi kita, supaya kita tetap sehat!
Ä  Ada banyak cara kita merawat tubuh misalnya mandi dengan menggunakan sabun, keramas menggunakan shampo menyikat gigi menggunakan odol, olahraga, dan istirahat yang cukup.
Ä  Perhatikanlah gambar berikut!






LAMPIRAN 2

Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Nama kelompok : ..........................................
Nama anggota    1. ........................................
   2. ........................................
   3. ........................................
   4. ........................................
Petunjuk:
@  Amati gambar di bawah ini!
@  Pasangkanlah!


LAMPIRAN 3

Rubrik Penilaian

No
Kriteria
Terlihat ()
Belum terlihat ()
1.
Kemampuan bercerita berdasarkan gambar


2.
Kepercayaan diri dalam bercerita


3.
Kemampuan dalam mempraktikkan cara mencuci tangan




Lembar Observasi

Petunjuk:
a.    Lembar observasi ini digunakan untuk mengamati siswa perindividu saat melakukan diskusi kelompok.
b.    Berilah tanda (√) pada kolom skor nilai sesuai aspek yang diamati!
                                 
No
Nama Siswa
Bekerja Sama
Berkomunikasi
Menghargai
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10











Keterangan:1 = Kurang, 2 = Baik, 3 = Sangat Baik

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar