Materi Pertemuan : 1
dan 2
Fakultas : Syariah
Semester/Jurusan : I/AS-1
PENGRTIAN DAN RUANG LINGKUP IAD, IBD, dan ISD
(Oleh: Asep, W. M. Ag)
A.
Pengertian IAD, IBD, dan ISD
- Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ilmu Alamiah atau sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan
akhir-akhir ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris
disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa Indonesia sudah
lazim digunakan istilah Sains.
Ilmu Pengetahuan Alam Dasar adalah Ilmu Pengetahuan yang
mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta, termasuk dimuka bumi ini,
sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural
Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial
saja.
- Pengertian IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban mengandung
pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan sauatu bangsa yang kompleks,
meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hokum, adat istiadat
(kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.
Budaya menurut Kroeber dan Klukhan (1950) adalah kebudayaan
terdiri atas berbagai tingkahlaku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang
diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya
secara terdiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk didalamnya perwujudan
benda-benda materi; pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi cita-cita atau
paham dan terutama keterkaitan terhadap nilai-nilai.
Pendek kata kebudayaan dalam kaitannya dengan ilmu budaya
dasar adalah penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani ;
tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik
maupun social.
- Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep,
teori) yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu social (seperti geografi social, sosiologi, antropologi
social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan sejarah).
B.
Tujuan IAD, IBD, ISD
- Tujuan IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a.
Tujuan Instruksional Umum
Dengan mempelajari tentang pengetahuan ini, maka diharapkan
akan dapat memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam
sampai terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari ilmu
pengetahuan Alam.
b.
Tujuan Instruksional Khusus
1)
Dapat menjelaskan perkembangan
naluri kehidupan manusia.
2)
Dapat menjelaskan perkembangan alam
piker manusia dalam
3)
memenuhi kebutuhan terhadap “Rahasia
ingin tahu”nya.
4)
Dapat memberi alasan yang diterima
mitos dalam kehidupan masyarakat.
- Tujuan IBD (Ilmu Budaya Dasar)
a.
Mengusahakan penajaman kepekaan
mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga mereka akan lebih mudah
menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama unyuk kepentingan
profesi mereka.
b.
Memberi kesempatan kepada para mahasiswa
untuk dapat memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya
serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang
menyangkut kedua hal tersebut.
c.
Mengusahakan agar para mahasiswa,
sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin
masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengotakan disiplin
yang ketat. Usaha ini terjadi karena ruanglingkup pendidikan kita amat dan
condong membuat spesialis yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini
berusaha menambah kemampuan mahasiswa untuk menanggapi maslah dan nilai-nilai
umumnya.
d.
Menjebatani para akademisi kita agar
mereka mampu berkomunikasi satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang
sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam hal berkomunikasi.
Kalau carea berkomunikasi ini baik, komunikasi selanjutnya akan lebih
memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meskipun
spesialisasi sangat penting, spesialisasi yang terlalu sempit akan membuat
dunia seorang sarjana menjadi terlalu sempit.
- Tujuan ISD (Ilmu Sosial Dasar)
a.
Tujuan umum diselenggarakannya mata
kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta
perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai
gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan
dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran
berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
b.
Tujuan khusus:
1)
Memahami dan menyadari adanya
kenyataan-kenyataan social dan masalah-maslah social yang ada dalam masyarakat.
2)
Peka terhadap masalah-maslah social
dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3)
Menyadari bahwa setiap masalah
social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat
mendekatinya (mempelajarinya).
4)
Memahami jalan pikiran para ahli
dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka
dalalm rangka penanggulangan maslah social yang timbul dalam masyarakat.
C.
Ruanglingkup Materi IAD, IBD, ISD
- Ruanglingkup Materi IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
a.
Kelahiran alam semesta
1)
Mengenal alam semesta
2)
Teori terbentuknya alam semesta
a)
Teori ledakan
Teori ledakan ini bertolak dan adanya suatu massa dan berat
jenis yang sangat besar, meledak dengan hebat karena adanya reaksi ini. Massa
itu kemudian berserakan mengembang dengan sangat cepatnya menjauhi pusat
ledakan.
b)
Teori ekspansi dan kontraksi teori
Teori ini berlandaskan pikiran bahwa ada suatu siklus dan
alam semesta, yaitu “masa ekspansi” dan “masa kontraksi” diduga bahwa siklus
ini berlangsung dalam waktu 30.000 juta tahun.
b.
Tata surya
Surya adalah kata lain dari matahari. Tata surya berarti
adanya suatu organisasi yang teratur pada matahari.
Terbentuknya tata surya:
1)
Hipotesis Nebular
2)
Hipotersis Planettesimal
3)
Teori Tidal
c.
Bumi
Teori tentang kejadian bumi:
1)
Teori Kant Laplace
Dialam raya sudah ada alam yang telah berputar makin lama
makin mendingin. Perputaran ini mengakibatkan pendataran dibagian
kutub-kutubnya dan menimbun materi dibagian khatulistiwanya yang merupakan
daerah paling tidak stabil sewaktu perputaran semakin cepat, bagian tersebut
akan terlepas materi dan massa asal. Kemudian mengambil kondensasi akhirnya,
menjadi padat berputar mengelilingi massa asal. Maka asal tersebut menjadi
matahari dan bagian terlepas setelah padat manjadi planet.
2)
Teori Chamberlain dan Maulton
Mereka mengemukakan suatu teori tentang matahari dan bumi,
teorinya terkenal dengan teori plenetesimal.
3)
Teori Jean dan Jefreys
Bintang besar yang jauh lebih besar dari matahari memiliki
gaya tarik yang sangat kuat terhadap matahari, akibatnya akan terjadi gelombang
pasang pada permukaan matahari yang menyerupai gunung yang sanat tinggi dan
menyerupai lidah raksasa yang berupa gas sangat panas selanjutnya mengalami
pemadatan kemudian pecah menjadi benda-benda tersendiri yang disebut planet.
d.
Asal mula kehidupan dibumi
1)
Generation Spontaniea
2)
Cozmozoa
3)
Omne Vivum ex Vivo
4)
Omne Ovo ex Vivo
- Ruanglingkup Materi IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar (IBD) identik dengan basic humanities.
Humanities berasal dari kata latin humanus yang artinya manusiawi, berbudaya,
dan halus (refined). Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar ini diharapkan
seseorang menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya, dan lebih halus.
Adapun ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar adalah:
a.
Berbagai aspek kehidupan yang
mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan
menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian.
(disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam
pengetahuan budaya.
b.
Hakikat manusia yang satu atau
universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan
tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya, manusia tidak
hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana
ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan
tingkah laku.
- Ruanglingkup Materi ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Adapun ruang lingkup materi Ilmu Sosial Dasar adalah:
a.
Kenyataan-kenyataan social yang ada
dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu.
Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para
ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau
sudut pandangnya
b.
Konsep-konsep social atau
pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep
dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari
masalah-masalah social.
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam ini misalnya konsep
keanekaragaman, dan konsep kesatuan social. Bertolak dari kedia konsep tersebut
diatas, maka dapat kita pahami dan sadari di dalam masyarakat selalu terdapat:
1)
Persamaan dan perbedaan pola
pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual maupu kelompok.
2)
Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan
timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
c.
Masalah-masalah social yang timbul
dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social yang antara
satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
D.
Urgensi IAD, IBD, ISD Bagi Mahasiswa
- Urgensi IAD (Ilmu Alam Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Alam Dasar merupakan Ilmu yang mengkaji tenang
gejala-gejala alam disekitar. Dengan mengetahui gejala-gejala alam yang ada
disekitar maka pertanyaan “mengapa hal itu dapat terjadi?” akan terjawab dengan
adanya pengkajian dari ilmu ini. Disamping itu, rasa kuriositas dari manusia
yang tidak pernah mengalami kepuasan akan terpenuhi meskipun hanya sementara
saja atau walaupun hanya sebuah hipotesa.
Bagi Mahasiswa sendiri Ilmu Alam Dasar ini sangat urgen
sekali mahasiswa yang dituntut untuk memiliki sifat yang kritis diharap mampu
menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar terjadi?”. Ilmu ini juga sangat
penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika perkembangan Ilmu Alam agar
Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa juga dituntut untuk berfikir
rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap mereka mengatahui gejala-gejala
alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi sangat urgen karena memberikan
bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam dan teknologi yang semakin
berkembang pesat dalam kencah internasional
- Urgensi IBD (Ilmu Budaya Dasar) Bagi Mahasiswa
Seperti yang kita ketahui manusia merupakan makhluk yang
berbudaya. Sebenarnya kebudayaan didefinisikan sebagai hasil pengungkapan diri
manusia kedalam materi sejauh diterima dan dimiliki oleh suatu masyarakat dan
menjadi warisannya. Manusia harus menciptakan suatu kebudayaan, sebab tanpa
kebudayaan ia makhluk yang tidak berdaya, yang menjadi korban dari keadaanya
yang tidak lengkap dan naluri-nalurinya yang tidak terpadu.
Ilmu Budaya Dasar memiliki urgenitas bagi Mahasiswa karena
orientasi Mahsiswa adalah lingkungan yang berbudaya dari lingkungan yang
berbudaya tersebut mereka harus lebih mudah untuk integrasi dalam lingkungan
tersebut terutama dengan lingkungan yang baru, hal ini untuk profesi mereka.
Urgenitas yang sangat vital bagi Mahasiswa dalam mempelajari
Ilmu ini adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap
masalah-masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka
tehadap persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga
mengusahakan agar para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara
serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat
kedaerahan dan pengotakan disiplin yang ketat. Usaha ini terjadi karena
ruanglingkup pendidikan kita amat sempit dan condong membuat manusia spesialis
yang berpandangan kurang luas. Mata kuliah ini berusaha menambah kemampuan
Mahasiswa untuk menanggapi masalah dan nilai-nilai dalam lingkungan masyarakat
mereka.
- Urgensi ISD (Ilmu Sosial Dasar) Bagi Mahasiswa
Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah suatu program pelajaran baru
yang dikembangkan di Perguruan Tinggi. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial Dasar ini
sejalan dengan realisasi pengembangan ide dan pembaharuan system pendidikan
yang bersifat dinamis dan inovatif. Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu-ilmu social
yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk
mencari pemecahan masalah-masalah social yang berkembang dalam kehidupan
masyarakat.
Urgenitas ilmu ini sendiri bagi Mahasiswa adalah memberikan
dasar-dasar ata pengetahuan social kepada para Mahasiswa, yang diharapkan akan
cepat tanggap serta mampu menghadapi dan memberikan alternative pemecahan
masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
Berdasarkan pengetahuan yang didapat melalaui ISD,
diharapkan para Mahasiswa akan mapu mengorientasikan diri berkat
pengahayatannya terhadap arah perkembangan masyarakat. Setelah mengorientasikan
diri secara mapan paling tidak ia harus mampu mengetahui kearah mana pemecahan
itu harus ditempuh. Masalah-masalah social yang berkembang sedemikian kompleks,
baik yang bersifat local, regional, nasional maupun internasional seperti
pengangguran, urbanisasi, penyelundupan, dan kriminalitas. Kenakalan remaja dan
penyalahgunaan narkotika. Pertentangan ras dan pergolakan politik, merupakan
masalah-masalah social yang harus dilihat serta ditanggulangi dengan segala
aspek pengetahuan yang terjalin satu sama lain.
E.
Kesimpulan
- Pengertian IAD, IBD, ISD Adalah
a.
Pengertian Ilmu Alamiah Dasar adalah
Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam Alam semesta,
termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah
Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip
dasar yang esensial saja.
b.
Pengertian Ilmu Budaya Dasar adalah
penciptaan, penertiban, dan pengolahan nilai-nilai insani ; tercakup didalamnya
usaha memanusiakan diri didalam alam lingkungan, baik fisik maupun social.
c.
Pengertian Ilmu Sosial Dasar adalah
pengetahuan yang menelaah masalah-masalah social, khususnya masalah-masalah yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan pengertian-pengertian
yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan keahlian dalam lapangan
ilmu-ilmu social
- Tujuan IAD, IBD, ISD Adalah
a.
Tujuan Ilmu Alamiah Dasar adalah
Dengan mempelajari tentang pengetahuan ini, maka diharapkan akan dapat memahami
perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala Alam sampai terwujudnya
metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari ilmu pengetahuan Alam.
b.
Tujuan Ilmu Budaya Dasar adalah
Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya sehingga
mereka akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama
unyuk kepentingan profesi mereka.
c.
Tujuan Ilmu Sosial Dasar adalah
pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian,
pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam
lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain,
agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social
dapat dipertajam.
- Ruanglingkup Materi IAD, IBD, ISD Adalah
a.
Ruanglingkup materi Ilmu Alamiah
Dasar adalah Kelahiran alam semesta, terbentuknya tata surya, teori
terbentuknya bumi, asal mula kehidupan dibumi.
b.
Ruanglingkup Ilmu Budaya Dasar
adalah Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan
dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the
humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya,
maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
c.
Ruanglingkup Ilmu Sosial Dasar
adalah Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara
bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social
tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena
adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya
- Urgensi IAD, IBD, ISD Bagi Mahasiswa Adalah
a.
Urgensi Ilmu Alamiah Dasar bagi
Mahasiswa adalah diharap mampu menjawab pertanyaan “mengapa hal itu dapar
terjadi?”. Ilmu ini juga sangat penting bagi mahasiswa guna mengejar dinamika
perkembangan Ilmu Alam agar Mahasiswa tidak menjadi miss tomorrow. Mahasiswa
juga dituntut untuk berfikir rasional dengan mempelajari ilmu ini diharap
mereka mengatahui gejala-gejala alam berserta tanda-tandanya. Ilmu ini menjadi
sangat urgen karena memberikan bekal kepada Mahasiswa untuk mengejar ilmu alam
dan teknologi yang semakin berkembang pesat dalam kencah internasional
b.
Urgensi Ilmu Budaya Dasar bagi Mahasiswa
adalah karena ilmu ini memberi pandangan yang luas terhadap masalah-masalah
kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka tehadap
persoalan-persoalan yang menyangakut kedua hal tersebut. Juga mengusahakan agar
para Mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa dan Negara serta ahli dalam
bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh kedalam sifat-sifat kedaerahan dan
pengotakan disiplin yang ketat.
c.
Urgensi Ilmu Sosial Dasar bagi
Mahasiswa adalah memberikan dasar-dasar ata pengetahuan social kepada para
Mahasiswa, yang diharapkan akan cepat tanggap serta mampu menghadapi dan
memberikan alternative pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan masyarakat.
3 komentar:
terima kasih pak, artikelnya sangat membantu
Wow..
terimakasih pa, artikelnya memudahkan dalam memahami tentang IBD
Posting Komentar