RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema : Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu :
1 x 35 Menit (1JP)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan
menggunakan benda konkret/gambar
4.13 Mengurai sebuah pecahan menjadi hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
C.
INDIKATOR
Menentukan
jawaban dari soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama
·
Menentukan jawaban dari soal cerita yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda
·
Membuat soal cerita tentang penjumlahan
dan pengurangan pecahan yang merupakan bagian dari kelompok dan menjawabnya
dengan benar
D.
TUJUAN
Setelah mengamati gambar, siswa
mampu menyelesaikan masalah tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan
berpenyebut sama dan berpenyebut berbeda dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar, siswa mampu
membuat soal cerita tentang penjumlahan atau pengurangan pecahan yang merupakan
bagian dari kelompok dan menjawabnya dengan benar.
E.
MATERI
Soal cerita penjumlahan dan
pengurangan pecahan.
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan
Teks Pancasila.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan
fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk
dinamika dengan materi
yang relevan dengan pembelajaran hari ini. Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan dibelajarkan. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Selain melihat alat peraga lainnya, siswa dapat
menonton video yang terkait
pembelajaran hari ini, mendatangkan narasumber, membaca
buku dari perpustakaan sekolah, perpustakaan online/e-book.
|
5
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa
mengenal soal tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan yang terkait dengan
pecahan yang merupakan bagian dari kelompok. Siswa mengerjakan soal cerita
dengan mandiri.
·
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan di dalam buku siswa.
·
Siswa membuat soal cerita penjumlahan dan pengurangan
pecahan.
·
Siswa menjawab soal-soal tentang pembelajaran minggu ini.
|
25
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
menuliskan perenungan mereka di buku siswa.
Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan Keberagaman Makhluk Hidup di
lingkunganku dengan bijak.
Tugas: Siswa bercerita kepada orang tua tentang
pengalaman belajarnya minggu ini. Siswa juga diminta mendiskusikan hal-hal
yang dapat ia lakukan agar apa yang dipelajari dapat bermanfaat untuk dirinya
dan lingkungan.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Salam dan do’a penutup.
Remedial
·
Siswa yang belum dapat menjawab pertanyaan dalam bagian
evaluasi akan mengerjakan lagi soal yang sama. Di awal, guru membimbing siswa
dalam mengerjakan soal-soal tersebut, kemudian minta mereka mengerjakan dengan
mandiri.
|
5
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak,
Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku
Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4.
·
Buku
Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber
Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Keberagaman Makhluk
Hidup di lingkunganku Daun kering atau bahan lain dari alam
dan bulu ayam/burung/bebek.
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak
dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
………………………………
NIP. …………………………
|
Medan, Desember 2013
Guru/Wali Kelas 4,
…………………..
NIP…………………..
|
MATERI AJAR
Satuan Pendidikan : SDN
Kelas / Semester :
4 /1
Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema : Keberagaman Makhluk Hidup di lingkunganku
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu :
20 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Matematika
3.13 Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan
menggunakan benda konkret/gambar
4.13 Mengurai sebuah pecahan menjadi hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
C.
INDIKATOR
Menentukan
jawaban dari soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama
·
Menentukan jawaban dari soal cerita yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut berbeda
·
Membuat soal cerita tentang penjumlahan
dan pengurangan pecahan yang merupakan bagian dari kelompok dan menjawabnya
dengan benar
D.
TUJUAN
Setelah mengamati gambar, siswa
mampu menyelesaikan masalah tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan
berpenyebut sama dan berpenyebut berbeda dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar, siswa mampu
membuat soal cerita tentang penjumlahan atau pengurangan pecahan yang merupakan
bagian dari kelompok dan menjawabnya dengan benar.
E.
MATERI
Bilangan
Pecahan.
Pecahan
sebetulnya merupakan bagian dari bilangan rasional yang dapat ditulis dalam
bentuk a/b dengan a dan b merupakan bilangan bulat dan b tidak sama dengan nol.
Secara simbolik pecahan dapat dinyatakan sebagai salah satu bentuk dari:
(1)
pecahan biasa,
(2)
pecahan desimal,
(3)
persen, dan
(4)
pecahan campuran.
Pecahan
dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan senilai sebagai : 1/2 = 2/4 = 3/6 = 4/8.
Pecahan
biasa adalah lambang bilangan yang dipergunakan untuk
melambangkan bilangan pecah dan rasio (perbandingan). Menurut Kennedy
(1994:425–427) makna dari pecahan dapat muncul dari situasi-situasi
sebagai berikut.
a. Pecahan
menyatakan bagian yang berukuran sama dari satu utuh.
Pecahan
biasa dapat digunakan untuk menyatakan bagian dari keseluruhan (1
utuh). Beberapa contoh kehidupan sehari-hari yang menggambarkan tentang
pecahan, misal:
Apabila ibu mempunyai sebuah apel
yang akan diberikan kepada 4 orang anaknya, dan masing-masing harus
mendapat bagian sama, maka apel tersebut harus dipotong-potong menjadi 4
bagian yang sama. Sehingga masing-masing anak akan
memperoleh 1/4 bagian dari apel tersebut. Pecahan biasa 1/4 mewakili
ukuran dari tiap-tiap potongan apel. Dalam lambang bilangan 1/4, ”4”
menunjukkan banyaknya bagian-bagian yang sama dari suatu benda utuh dan
disebut ”penyebut”. Sedangkan ”1” menunjukkan banyaknya bagian
yang menjadi perhatian atau digunakan atau diambil pada saat tertentu dan
disebut pembilang.
b.
Pecahan menyatakan bagian dari kelompok-kelompok yang beranggotakan
sama banyak, atau juga menyatakan pembagian.
Apabila
sekumpulan apel dikelompokkan menjadi 2 bagian yang beranggotakan sama
banyak, maka situasinya jelas dihubungkan dengan pembagian. Situasi di
mana sekumpulan apel yang banyaknya 12, dibagi menjadi 2 kelompok yang
beranggotakan sama banyak, maka kalimat matematikanya dapat 12 : 2 = 6
atau 1/2 x 12 = 6.
Sehingga untuk
mendapatkan 1/2 dari 12 apel, maka kita harus memikirkan 12 apel
yang dikelompokkan menjadi 2 bagian yang beranggotakan sama. Banyaknya
anggota masingmasing kelompok, terkait dengan banyaknya apel semula, dalam
hal ini 1/2 dari
banyaknya apel semula yaitu
1/2 dari 12.
Hal
lain juga dapat terjadi pada pembagian bilangan yang menghasilan
pecahan campuran sebagai berikut ini.
Di
dalam kardus terdapat 5 roti mini sisa arisan. Ibu menyuruh 2
anaknya untuk makan roti tersebut. Berapa bagian diperoleh setiap anak?]’
c. Pecahan sebagai
perbandingan (rasio)
Hubungan
antara sepasang bilangan sering dinyatakan sebagai sebuah
perbandingan. Berikut diberikan contoh situasi yang biasa memunculkan
perbandingan.
Soal cerita penjumlahan dan
pengurangan pecahan.
LEMBAR KERJA
SISWA (LKS)
0 komentar:
Posting Komentar