Selasa, 26 November 2013

RPP Kelas 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                :   Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu          :  1 x 35 Menit (1 jam pelajaran)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
      3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud, dan sifat
      benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
      4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera,   wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil  pengamatan di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
      Mengidentifikasi ciri-ciri suasana pagi hari
      Membedakan suasana pagi dan malam hari
      Menjelaskan terjadinya pagi dan malam berdasarkan hasil pengamatan
      Memahami konsep waktu siang dan malam melalui gambar

SBdP
     Mewarnai gambar suasana pagi
     Mewarnai gambar suasana malam

D.    TUJUAN
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
Tujuan pembelajaran:
Setelah berlatih membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi suasana pagi hari dengan tepat.
Dengan mengamati gambar siswa dapat membedakan suasana pagi dan malam hari dengan
Tepat

Mengenal Pagi melalui Percobaan
Tujuan Pembelajaran:
Dengan percobaan, siswa dapat menjelaskan terjadinya pagi dan malam.
Dengan mengamati hasil percobaan, siswa dapat mewarnai gambar dengan tepat.

E.     MATERI
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
Mengenal Pagi melalui Percobaan

F.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    5
    menit
Kegiatan
Inti
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama.
2. Siswa mengdengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan mempelajari suasana pagi hari.
3. Siswa mengikuti guru membacakan teks yang tertera di buku siswa.
4. Siswa berlatih membaca teks berulang-ulang.
5. Setelah itu guru mengajak siswa mengamati suasana pagi melalui gambar.
6. Siswa berbagi pengalaman tentang keadaan pagi hari di lingkungan rumahnya masing-masing.
7. Siswa mengamati gambar dan membedakan malam hari, menjelang fajar, dan pagi hari.
8. Siswa diminta untuk mengamati buku siswa halaman selanjutnya dan menjawab pertanyaanpertanyaan di dalamnya.

Mengenal Pagi melalui Percobaan
1. Siswa menyanyikan lagu “Bersinar Matahari” dengan arahan guru.
2. Siswa mengamati gambar dan menjawab pertanyaan.
3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang dari mana bumi menerima cahaya sehingga menjadi terang.
4. Guru menyampaikan bahwa matahari menyinari bumi serta memberikan cahaya dan panas bagi bumi.
5. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses terbit dan terbenamnya matahari serta penjelasan bahwa bumi selalu berputar.
6. Siswa mengamati gambar percobaan di buku siswa.
7. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal berikut:
◦◦ Di mana gambar matahari?
◦◦ Di mana posisi Lani?
◦◦ Di mana posisi Justine?
8. Guru menjelaskan bagian bumi yang menghadap matahari mengalami siang, dan bagian bumi yang membelakangi matahari mengalami malam.
9. Siswa mengamati gambar pada buku siswa. Bila memungkinkan, siswa diharapkan melakukan percobaan ini. Bila tidak ada globe, bisa menggunakan bola plastik.
10. Siswa mengerjakan lembar kerja yang berhubungan dengan percobaan.
11. Guru menutup pelajaran dengan mengingatkan siswa bahwa pagi hari merupakan karunia Tuhan yang patut disyukuri.
12. Pelajaran diakhiri dengan berdoa bersama dan bersalaman secara bergiliran.
   25
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    5
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Pagi Hari.
·         Globe/bola, senter, dan buku siswa.

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.


b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
Medan, November 2013
Guru/Wali Kelas 1,



……………………………..
NIP.19690217 199907 1 001




MATERI PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      :  SDN
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                :   Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu          :  1 x 35 Menit (1 jam pelajaran)

A.    KOMPETENSI INTI
5.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
6.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
7.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
8.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
      3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud, dan sifat
      benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa  Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
      4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera,   wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil  pengamatan di lingkungan sekitar

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
      Mengidentifikasi ciri-ciri suasana pagi hari
      Membedakan suasana pagi dan malam hari
      Menjelaskan terjadinya pagi dan malam berdasarkan hasil pengamatan
      Memahami konsep waktu siang dan malam melalui gambar

SBdP
     Mewarnai gambar suasana pagi
     Mewarnai gambar suasana malam

D.    TUJUAN
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
Tujuan pembelajaran:
Setelah berlatih membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi suasana pagi hari dengan tepat.
Dengan mengamati gambar siswa dapat membedakan suasana pagi dan malam hari dengan
Tepat

Mengenal Pagi melalui Percobaan
Tujuan Pembelajaran:
Dengan percobaan, siswa dapat menjelaskan terjadinya pagi dan malam.
Dengan mengamati hasil percobaan, siswa dapat mewarnai gambar dengan tepat.

E.     MATERI
Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar
Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0001.jpgBahasa Indonesia
      Mengidentifikasi ciri-ciri suasana pagi hari


























Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0002.jpg     































Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0005.jpgMembedakan suasana pagi dan malam hari


































Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0004.jpg
 


      Menjelaskan terjadinya pagi dan malam berdasarkan hasil pengamatan

























      Memahami konsep waktu siang dan malam melalui gambar


Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0006.jpgMengenal Pagi melalui Percobaan



ASESMEN
Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0009.jpg(RUBIK PENILAIAN)







Description: C:\Documents and Settings\server\My Documents\IMG_20131127_0008.jpg 













LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Satuan Pendidikan      :  SDN
Kelas / Semester          :  1 /1
                     Tema                       :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                :   Kegiatan Pagi Hari (Sub Tema 1 )
Pembelajaran ke       :  1
Alokasi waktu          :  1 x 5 Menit

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar