RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semeser : IV/Gasal
Tema :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Pertemuan Ke- :
2
Alokasi Waktu : 2 JP ( 2 x 35 menit)
A. Kompetensi Inti
KI – 1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI – 2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya.
KI – 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar,
melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
KI – 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar
3.1. Matematika
Mengenal konsep
pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda
konkret/gambar.
C. Indikator
3.1. Matematika
3.1.1.
Mengenal konsep pecahan senilai dengan
menggunakan gambar.
.
D.
Tujuan Pembelajaran
3.1.1.1 Setelah
melakukan pengamatan terhadap gambar yang disajikan, siswa mampu menentukan
nilai pecahan dengan benar.
3.1.1.2
Setelah melakukan permainan dengan menggunakan kartu pecahan senilai
siswa mampu menentukan pecahan senilai dari pecahan yang ditentukan dengan
benar.
E.
Materi Ajar
Pecahan
Senilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
=
|
|
|
|
=
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|||||||||||
![]() |
|
![]() |
|
![]() |
|
![]() |
![]() |
=
|
![]() ![]() ![]() ![]() |
Pecahan
gambar
senilai dengan
, maka dinyatakan
=
.




Pecahan
gambar
senilai dengan
, maka dinyatakan
=
.




F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran: Pendekatan
Saintifik
Metode
yang digunakan yaitu :
§
diskusi
§
penugasan
§
kerja kelompok
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru dan siswa mengawali kegiatan belajar dengan doa.
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pecahan
sebelumnya.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Secara kelompok, siswa membuat pecahan gambar
menggunakan kertas yang disiapkan guru dengan cara melipat lipatan yang
simetris.
2.
Siswa menuliskan dan membandingkan hasil pecahan gambar
yang dibuat.
3.
Siswa menyimpulkan pasangan pecahan gambar yang
senilai.
4.
Perwakilan kelompok mengomunikasikan hasil kerja
kelompoknya dalam diskusi kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain.
5.
Secara kelompok siswa bermain menggunakan kartu pecahan
yang senilai.
6.
Siswa menuliskan hasil permainan kartu pecahan senilai.
7.
Siswa mengerjakan soal tes.
|
55
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.
Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan materi
yang baru saja dipelajari. (umpan balik/refleksi)
3.
Siswa mencatat tugas/PR dari guru.
4.
Menutup kegiatan dengan doa.
|
10
menit
|
H.
Alat dan sumber belajar
Alat
§
Kertas lipat berbentuk bangun datar
bervariatif
§
Kartu pecahan senilai
Sumber
§
Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Kemendikbud RI 2013, Tema 3, hlm. 1 – 6.
§
Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Kemendikbud RI 2013, Tema 3, hlm. 5 – 7.
I.
Evaluasi/Penilaian
Tehnik Penilaian : tes dan non tes
Jenis Penilaian : tes tertulis dan penilaian produk
Instrumen Penilaian :
Lembar Penilaian Produk (koreksi aspek)
No.
|
Nama
|
Aspek
|
Nilai Rerata
|
|
Pengetahuan
|
Ketrampilan
|
|||
1
|
....
|
|
|
|
2
|
....
|
|
|
|
dst
|
....
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Produk Aspek Pengetahuan dan
Ketrampilan


Soal Tes
A. Buatlah pecahan gambar yang senilai dengan pecahan gambar di sampingnya
dengan cara mengarsir!
No
|
Pecahan
|
Pecahan Yang Senilai
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
....
|
....
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
....
|
....
|
||||||||||||||||||||||||
3
|
....
|
....
|
||||||||||||||||||||||||
4
|
....
|
....
|
||||||||||||||||||||||||
5
|
....
|
....
|
B. Tentukan pecahan senilai dari pecahan-pecahan di bawah ini!
1. 1/2 = .../...
2. 2/3 = .../...
3. 3/4 = .../...
4. 2/5 = .../...
5. 1/3 = .../...
Kunci
Jawaban
A.
No
|
Pecahan
|
Pecahan Yang Senilai
|
||||||||||||||||||||||||
1
|
½
|
2/4
|
||||||||||||||||||||||||
2
|
1/3
|
2/6
|
||||||||||||||||||||||||
3
|
1/4
|
2/8
|
||||||||||||||||||||||||
4
|
2/5
|
6/15
|
||||||||||||||||||||||||
5
|
2/6
|
6/18
|
B.
1. 1/2 = 2/4 atau 4/8 atau 3/6 (variatif)
2. 2/3 = 4/6 atau 6/9 atau 8/12 (variatif)
3. 3/4 = 6/8 atau 9/12 atau 12/16 (variatif)
4. 2/5 = 4/10 atau 6/10 atau 8/20 (variatif)
Penskoran :
Nilai =
Jumlah Benar x 10
10
Contoh :
9 x 10 =
9
10
Mengetahui
Kepala
Sekolah
…………………………..
NIP :
................................
|
|
…………….., ……….2013
Guru
Kelas 4
………………………..
NIP :
....................................
|
LEMBAR KERJA SISWA I
|
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semeser :
IV/Gasal
Tema :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : Hewan
dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Tujuan :
Siswa mampu menentukan pecahan senilai melalui eksplorasi.
Alat dan bahan : 1.
kertas lipat
2. alat tulis
Cara Kerja :
- Siapkan kertas lipat!
- Lipatlah keempat kertas dengan banyak lipatan simetris yang berbeda!
- Amati dan bandingkan hasil lipatan bangun yang satu dengan yang lain!
- Buatlah arsiran pada hasil lipatan dan tuliskan nilai pecahan yang ditunjukkan!
- Isilah tabel di bawah ini!
No
|
Gambar Hasil Lipatan
|
Nilai Pecahan
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
- Kesimpulan :
..............................................................................................................................
..............................................................................................................................
LEMBAR KERJA SISWA 2
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semeser : IV/Gasal
Tema :
Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Tujuan : Siswa mampu menentukan pecahan senilai
melalui eksplorasi.
Cara Kerja :
1.
Ambil kartu permainan pecahan senilai.
2.
Salah satu siswa dalam kelompok mengocok
kartu. (Pengocok kartu merupakan Pemain Pertama).
3.
Bagilah kartu kepada semua pemain. Setiap
pemain mendapat 4 kartu.
4.
Ambil satu kartu dari kartu yang tidak dibagi.
Lalu buka dan letakkan di meja.
5.
Letakkan sisa kartu di meja dalam keadaan
tertutup.
6.
Permainan dimulai dari PemainPertama,
kemudian secara berurutan dilanjutkan pemain berikut berlawanan arah jarum jam.
7.
Pemain yang mendapat giliran
meletakkan/menjodohkan kartu pecahan yang senilai dengan kartu pecahan di meja.
Apabila tidak memiliki, pemain yang bersangkutan harus mengambil kartu pecahan
dari sisa kartu hingga ditemukan kartu pecahan yang senilai.
8.
Jika kartu sisa sudah habis,maka giliran pemain
yang tidak memiliki kartu yang senilai diteruskan kepada pemain berikutnya.
9.
Pemain yang menghabiskan kartu lebih dahulu
atau memiliki sisa kartu paling sedikit dinyatakan sebagai pemenang.
10. Catatlah pasangan kartu pecahan yang senilai yang diperoleh!
Pasangan
|
Kesimpulan
|
|
Pecahan ke-1
|
Pecahan ke-2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar